Informasi Lokasi, Harga Tiket, Rute Menuju Curug Cigamea Bogor

Posted on

Curug Cigamea
Wisata curug Cigamea merupakan salah satu obyek wisata yang berada di kawasan taman Nasional Gunung Halimun Salak. Tepatnya di desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Kawasan tersebut menjadi tempat berkumpulnya beberapa curug di bogor. Dalam bahasa Indonesia, cigamea memiliki arti bergemuruh. Anda dapat mendengar suara gemuruh air meski masih berada cukup jauh dari lokasi. Sebelum masuk ke gerbang curug Cigamea Bogor ini anda akan melewati beberapa wisata curug lainnya seperti curug luhur, curug ngumpet, dan curug nangka.

Rute Untuk Menuju Curug Cigamea Bogor

Curug Cigamea

Terdapat beberapa rute yang bisa anda pilih untuk menuju lokasi curug Cigamea. Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Rute yang pertama anda bisa melewati Cemplang atau yang dikenal Cibungbulang kemudian menuju kecamatan Pamijahan sampai ke salak endah. Rute yang kedua, anda bisa melewati jalur cikampak sampai ke kawasan salak endah. Rute yang ketiga, anda bisa melewati Cibatok hingga ke salak endah. Atau bisa juga memilih jalur tamansari – gunung bunder sampai ke salak endah.

Jika tak menggunakan kendaraan pribadi, anda juga bisa menggunakan angkutan umum. Dari terminal Baranangsiang Bogor pilihlah angko kode 03, tanyakan kepada sopir angkot untuk memastikan angkot tersebut menuju bubulak. Turun di bubulak untuk berganti angkot yang menuju leuwiliang. Sampai di leuwiliang turun di pertigaan cibatok. Di pertigaan tersebut anda harus berganti angkot lagi untuk sampai ke gunung picung. Dari sana anda bisa naik ojek sampai ke kawasan wisata. Karena termasuk rumit, lebih disarankan anda menggunakan kendaraan pribadi saja.

Lokasi Curug Cigamea Bogor


Dari loket masuk, anda sudah bisa mendengar suara air terjun curug cigamea. Anda perlu berjalan untuk menuju curug dengan melalui anak tangga yang disediakan. Anda harus menuruni anak tangga tersebut yang panjangnya sekitar 200 meter. Selagi menuruni tangga anda bisa melihat pemandangan di sekitar sehingga tidak akan terasa melelahkan. Perjalanan tersebut akan terbayar saat anda telah tiba di area curug.

Di curug cigamea ini anda akan disambut oleh dua air terjun. Air terjun pertama agak lebih diatas dibanding air terjun yang kedua. Anda juga akan menjumpai monyet-monyet di sekitar area ini. Sehingga anda harus lebih berhati-hati menjaga barang bawaan anda. suara gemuruh air terjun yang menggema menjadi daya tarik dari wisata ini. Jarak antara air terjun pertama dan air terjun kedua sekitar 20-30 meter. Untuk sampai ke air terjun yang pertama anda perlu mendaki karena terletak di atas tebing yang cukup curam. Namun di air terjun pertama inilah pengunjung akan mendapatkan foto yang terbaik. Sedangkan di air terjun kedua letaknya lebih landai sehingga cocok untuk bermain air.

Dibalik pemandangan curug cigamea yang eksotik, ternyata lokasi ini juga terkenal dengan sebutan curug cigamea angker. Hal tersebut karena tempat ini juga digunakan sebagai tempat pesugihan untuk meminta kekayaan, jabatan, bahkan kesaktian. Menurut informasi warga sekitar, ada tumbal nyawa manusia setiap tahunnya di lokasi ini. Apalagi didukung fakta bahwa di curug ini selalu ada korban setiap tahun. Entah itu kebetulan atau memang ada hubungannya.

Harga tiket masuk curug cigamea hanya 7.000 rupiah per orang. Namun anda juga perlu membayar 10.000 rupiah di awal sebelum memasuki kawasan gunung salak. Curug cigamea Bogor sangat cocok bagi warga perkotaan khususnya warga Jakarta yang ingin menghabiskan akhir pekan atau liburan di tengah-tengah keindahan alam. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari Jakarta dibandingkan lokasi wisata alam lainnya.

One thought on “Informasi Lokasi, Harga Tiket, Rute Menuju Curug Cigamea Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *