Rekomendasi 10 Merk Pompa ASI Terbaik

Pompa ASI Terbaik – Pompa ASI dapat digunakan untuk menyimpan stok ASI ketika pada waktu-waktu tertentu, sang ibu tidak bisa menyusui buah hatinya. Apabila Anda ingin menggunakan pompa ASI karena satu atau lain alasan, Anda dapat memakainya untuk menyimpan hasil pemompaan di dalam botol untuk diberikan kepada bayi Anda lain waktu.

Pompa ASI yang Bagus Terbaru untuk Ibu Menyusui

Kegiatan memompa ASI bukan sebatas untuk menambah stok ASi yang diperlukan bayi, namun juga dapat mencegah terjadinya peradangan pada kelenjar air susu. Ketersediaan produk di pasaran mungkin akan membingungkan Anda untuk memilih yang mana. Untuk itu, kami akan menjelaskan tips memilih pompa ASI sekaligus memberikan rekomendasi pompa ASI terbaik.

Tips dan Cara Memilih Pompa ASI

Saat memutuskan untuk menggunakan pompa ASI, tentu perlu memahami dulu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan agar tidak salah dalam memilih. Anda bisa menyimak bagian ini dengan saksama. Kami akan menguraikan elemen-elemen yang perlu dipertimbangkan saat membeli pompa ASI.

1. Pilih pompa ASI berdasarkan jenisnya

Secara umum, produsen menciptakan dua macam pompa ASI. Ada pompa ASI manual dan elektrik. Kedua jenis pompa ASI ini mempunyai cara kerja yang berbeda. Bukan cuma itu, setiap tipe pompa ASI juga akan tepat jika dipakai pada kondisi yang ideal.

Apabila Anda merasa bisa untuk menyuplai ASI terus menerus kepada buah hati langsung dari Anda, itu berarti Anda tidak memerlukan pompa ASi yang dipakai sering-sering. Karena itu, jenis pompa ASI manual cocok untuk menunjang kebutuhan Anda. Dengan pompa manual, Anda bisa mengatur kekuatan daya hisap yang berpusat pada tuas pompa.

Namun, jika Anda tidak ingin capek-capek menekan tuas pompa setiap kali ingin menyedot ASI, maka pompa ASI tipe elektrik bisa digunakan. Meski begitu, ketahuilah kalau pompa ASI elektrik lebih cocok untuk orang yang mempunyai kuantitas ASI banyak. Karena itulah, periksa dulu seberapa banyak ASI Anda. Jika ASI susah keluar dan tidak melimpah produksinya, maka sebaiknya Anda mengurungkan keinginan memakai pompa ASI elektrik.

2. Pastikan bagian corong pompa terbuat dari material yang lembut

Sewaktu memompa ASI, tentu Anda akan menempelkan bagian corong langsung ke puting payudara. Ini berarti corong tersebut juga menempel ke kulit payudara Anda. Bagian corong pada pompa ASI ada yang terbuat dari plastik dan silikon. Pastikan Anda memilih produk dengan corong yang terbuat dari material lembut seperti silikon.

Sementara bagian mulut pompa yang terbuat dari plastik dinilai kurang elastis sehingga tidak nyaman saat digunakan. Meski harga pompa ASI dengan corong plastik dijual dengan lebih murah, Anda harus mempertimbangkan kembali mengenai aspek kenyamanan saat memompa ASI. Jangan tergiur harga yang murah jika Anda tidak merasakan kenyamanan saat proses pemompaan ASI.

READ  Rekomendasi 10 Merk ASI Booster Terbaik

3. Pilihlah produk yang mudah dibersihkan

Sehabis memompa ASI, Anda harus membersihkan kembali pompa agar tetap steril dan minim risiko dihinggapi bakteri atau virus. Untuk memudahkan proses sterilisasi ini, Anda bisa mencari produk yang tidak tersusun dari banyak bagian. Walaupun Anda telah menemukan pompa yang tidak terdiri dari banyak komponen, periksa juga apakah ada bagian yang terlalu kecil.

Komponen yang terlalu kecil akan lebih sulit dibersihkan serta kemungkinannya untuk hilang juga semakin besar. Bila memungkinkan, carilah produk dengan bagian-bagian yang cukup besar untuk dimasuki sikat pembersih. Sebagian produk ada yang dapat dibersihkan dengan dishwasher untuk memudahkan Anda dalam proses pembersihan.

Selain itu, ada juga pompa ASI yang dapat didisinfeksi dengan merebusnya ke dalam air panas, dimasukkan ke dalam microwave, atau yang paling umum dibersihkan dengan memakai sabun disinfektan khusus. Mengetahui hal ini, tentu Anda harus memikirkan kembali metode dan cara membersihkan seperti apa yang Anda inginkan dari sebuah produk. Yang terpenting, produk tersebut kembali bersih dan higienis sehingga Anda pun tak perlu khawatir akan timbunan bakteri karena terdapat bagian yang belum bersih pada terakhir kali pemakaian.

10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik

Sudahkah menyimak poin-poin penting yang harus dipertimbangkan saat proses pemilihan pompa ASI? Berikut ini, Rekomendasi.org rekomendasikan produk pompa ASI terbaik dari list merek-merek ternama, seperti Pigeon, Medela, Philips, dan masih banyak lagi. Tentunya sangat berguna bagi Ibu untuk memilih pompa asi yang bagus, sebelum membelinya di apotik atau toko. Selamat memilih!

1. Mooimom New Silicone Breast Pump

Gambar Mooimom New Silicone Breast Pump
Mooimom New Silicone Breast Pump adalah pompa ASI yang praktis. Bagaimana tidak, produk satu ini mempunyai komponen yang menyatu alias tidak terpisah antara satu dengan yang lain. Dengan kata lain. mulai dari bagian corong hingga botol penampung ASI tidaklah terpisah. Keunikan ini jarang ditemukan dalam produk lain.

Desain pompa yang seperti ini bukanlah tanpa alasan. Berkat rancangannya yang demikian, pompa ASI ini cukup mudah pemakaiannya. Anda hanya perlu menempelkan bagian corong ke payudara Anda, kemudian remas bagian bawah yang berbentuk seperti botol untuk menimbulkan efek penyedotan. Diamkan hingga botol terisi ASI. Jangan lupa untuk memegangi botol ASI ketika sudah hampir penuh, ya!

2. Pigeon Breast Pump Manual

Gambar Pigeon Breast Pump Manual
Bagi Anda yang membutuhkan pompa manual dengan jaminan hasil perahan ASI yang higienis dan tak tercampur udara, produk dari Pigeon bisa dijadikan andalan. Breast Pump Manual satu ini menyediakan tuas yang dibentuk secara ergonomis sehingga nyaman saat ditekan untuk proses pemompaan.

Pigeon Breast Pump Manual juga menyimpan kelebihan berupa terdiri dari komponen yang sedikit. Berkat bagian-bagiannya yang tidak banyak, Anda akan lebih mudah untuk memasang dan membersihkannya. Sebagaimana dikatakan di awal, pompa ASI ini menyediakan aliran udara yang terpisah. Jadi, cairan ASI hasil perahan takkan bercampur dengan udara saat pemompaan.

READ  Rekomendasi 10 Merk ASI Booster Terbaik

3. Pigeon Breast Pump Electric Pro

Gambar Pigeon Breast Pump Electric Pro
Masih satu pabrikan dengan Pigeon, kali ini kami rekomendasikan Anda pompa ASI elektrik. Kelebihan yang ditawarkan oleh Pigeon melalui pompa ini berupa mesin yang tidak bising saat bekerja. Berkat hal tersebut, Anda tetap bisa menemani buah hati saat tertidur sembari memompa ASI tanpa khawatir akan membangunkannya akibat suara mesin yang berisik.

Pigeon mendesain bagian corong pompa dengan teknologi Comfort ProperFitTM Flange yang mana menjadikannya lebih efisien untuk menyedot ASI. Berikutnya, pompa ini juga bisa dibersihkan dengan mudah. Anda dapat memanfaatkan microwave untuk mengeringkan sekaligus membunuh bakteri yang menempel atau jika ingin lebih hemat listrik, Anda bisa juga merebus setiap komponennya secara bersamaan.

4. SpeCtra 9 Plus Electric Breast Pump

Gambar SpeCtra 9 Plus Electric Breast Pump
SpeCtra mendatangkan pompa ASi elektrik dengan ukuran yang kecil sehingga mudah digenggam. Ukurannya yang hampir sama dengan ponsel ini hanya memiliki bobot sekitar 230 gram. Jika Anda memerlukan pompa ASI yang ringan, milikilah SpeCtra 9 Plus Electric Breast Pump. Dengan pompa ini, Anda takkan terbebani dengan badan pompa yang berat.

Nilai utama yang dihadirkan oleh pompa ASI satu ini terletak pada mode pemijatan yang memberikan efek rileksasi (LDR = Let-Down Reflex). Berkat teknologi tersebut, ASI akan keluar dengan intensitas tinggi tanpa membuat payudara Anda terasa nyeri. Produk ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang memerlukan pompa portabel multifungsi.

5. Real Bubee Intelligent Microcomputer Double Electric Breast Pump

Gambar Real Bubee Intelligent Microcomputer Double Electric Breast Pump
Apabila Anda terkendala urusan bujet namun tetap menginginkan pompa ASI elektrik yang berkualitas, kami menyarankan Anda produk satu ini. Real Bubee memberikan banyak fitur dalam pompa ASI keluarannya ini. Terdapat delapan belas model ritme pemompaan sehingga dapat Anda atur sesuai dengan keinginan.

Yang lebih istimewa lagi, pompa ASI ini tidak serta merta menyedot ASI sedari awal prosesnya. Anda diberi akses untuk menstimulasi payudara terlebih dahulu dengan mengikuti mekanisme pengemutan puting yang dilakukan oleh bayi. Setelah ASI keluar, Anda bisa mengubah modenya menjadi mode isapan bayi. Tak cuma itu, Real Bubee juga membekali dua tabung pada pompa ini sehingga dapat digunakan untuk memompa dua payudara sekaligus.

6. Medela Pompa ASI Elektrik Ganda Freestyle

Gambar Medela Pompa ASI Elektrik Ganda Freestyle
Tidak punya waktu banyak untuk menyediakan stok ASI bagi buah hati? Anda bisa mengandalkan pompa ASI elektrik persembahan Medela. Dirancang dengan banyak fitur unggulan, salah satunya metode yang dapat memberikan performa pemerahan dalam waktu singkat untuk kuantitas ASi yang berlimpah.

Hal tersebut dapat terjadi karena pompa ASI ini terdiri dari dua corong sehingga dapat memompa kedua payudara Anda dalam waktu bersamaan. Seusai melakukan pemompaan, Anda bisa membersihkan dan menyimpannya kembali ke dalam tas yang telah disediakan. Benar sekali, Medela menyertakan tas khusus untuk menaruh komponen setiap pompa ASI besutannya ini.

7. Medela Pompa ASI Elektrik Swing

Gambar Medela Pompa ASI Elektrik Swing
Pompa ASI lain dari Medela yang dapat Anda gunakan adalah Pompa ASI Elektrik Swing. Pada seri ini, Medela tidak menyediakan dua corong untuk memerah kedua payudara secara bersamaan. Berbeda dengan seri sebelunya, pada pompa ASI ini terdapat fitur berupa efek stimulasi agar ASI menetes keluar. Dengan kata lain, Anda akan merasakan sensasi pemompaan seolah bayi Anda yang sedang menyedot ASI.

READ  Rekomendasi 10 Merk ASI Booster Terbaik

Sewaktu memerah ASI dengan pompa ini, pada dua menit pertama pompa akan menstimulasi ASI. Setelah itu, isapannya akan terasa lebih kuat sehingga ASI yang telah keluar akan mengalir lebih deras sehingga tak membutuhkan waktu lama untuk menunggu botol terisi penuh. Meski demikian, Anda tak perlu khawatir karena kekuatan isapnya bisa Anda atur sesuai kehendak.

8. Medela Pompa ASI Manual Harmony

Gambar Medela Pompa ASI Manual Harmony
Pilihan yang lebih ekonomis dari Medela namun tetap tak kalah baik kualitasnya dengan dua seri sebelumnya. Yang satu ini dirancang dalam tipe manual. Medela Harmony mempunyai tuas pompa yang didesain untuk menstimulasi dan menimbulkan efek isapan kuat yang dapat diatur.

Saat proses stimulasi ASI, Anda perlu menekan bagian tuas yang pendek. Setelah ASI keluar, selanjutnya Anda tekan tuas bagian belakang yang panjang sehingga daya isapnya akan lebih kuat. Dengan begitu, ASI pun akan terproduksi lebih banyak. Seusai memompa, Anda dapat mensterilisasi pompa ini menggunakan microwave. Namun, jangan lupa untuk membeli quick clean microwave bag terlebih dahulu agar prosesnya lebih mudah.

9. Philips Avent Comfort Manual

Gambar Philips Avent Comfort Manual
Philips tahu betul kesulitan setiap ibu dalam memompa ASI, yakni harus membungkukkan badannya agar sesuai dengan bentuk dan posisi corong. Karena itu, Philips mengeluarkan pompa ASI yang fleksibel pemakaiannya. Bagian corong dibuat ergonomis sehingga Anda tak perlu membungkuk yang lama kelamaan bisa membuat punggung pegal.

Avent Comfort Manual, sebagaimana namanya, merupakan pompa ASI manual yang menjanjikan kenyamanan. Di bagian corongnya, Philips menambahkan silikon lembut. Jadi, sewaktu corong bersentuhan dengan kulit tidak akan menimbulkan rasa sakit. Bagian corong yang dibuat dengan leher pendek juga menjadikannya terlihat lebih ringkas dan simpel.

10. Unimom Mezzo Manual Breast Pump – LG.88005

Gambar Unimom Mezzo Manual Breast Pump – LG88005
Bagi Anda yang baru pertama kali memiliki buah hati, tentu ada kecemasan akan rasa sakit yang ditimbulkan saat memakai pompa ASI. Unimom menyediakan pompa ASI terbaik tipe manual yang cocok untuk ibu muda seperti Anda. Produk ini dirancang khusus untuk mengutamakan kenyamanan dan menghindarkan pengguna dari rasa nyeri saat proses pemompaan.

Ujung corong yang dilapisi silikon akan terasa lembut saat menempel ke payudara. Bukan hanya itu, corong pada pompa ini juga bakalan memberi sensasi pijatan lembut di sekitar areola. Saat membeli pompa ini, Anda akan mendapatkan valve tambahan. Ini artinya, ketika terjadi kerusakan pada valve pompa, Anda bisa langsung menggantinya dengan spare part cadangan yang disediakan.

Kesimpulan Pompa ASI Terbaik

Pompa ASI Terbaik bukan hanya berguna untuk menyiapkan suplai ASI kepada bayi saat Anda tidak berada di rumah atau jauh dari bayi. Lebih dari itu, dengan memompa ASI dan menyimpannya ke dalam botol, Anda secara tidak langsung melibatkan pasangan untuk berkontribusi lebih besar dalam merawat bayi dengan cara memberikan ASI dari botol kepada bayi. Dengan begitu, pasangan Anda juga bisa memainkan perannya dengan porsi yang seimbang dengan Anda.

Rekomendasi 10 Merk Pompa ASI Terbaik | Recommended | 4.5