Informasi Lengkap Wisata Punthuk Setumbu Terbaru

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu adalah salah satu tempat terbaik di Yogyakarta untuk melihat matahari terbit yang sangat indah dengan latar belakang dua gunung besar: Merbabu dan Merapi. Selain itu, para wisatawan juga dapat menyaksikan candi Borobudr yang sangat megah saat pagi haru yang masih terkurung oleh lautan kabut jika dilihat dari tempat wisata yang satu ini. Sangat indah bukan?

Eksotisme indahnya pemandangan matahari terbit di pagi hari adalah magnet yang selalu memukau para pengunjung dari berbagai daerah untuk mendatangi tempat ini. Maka tak heran jika tempat wisata dengan pemandangan sunrise atau matahari terbit selalu penuh oleh wisatawan. Dibandingkan dengan spot yang lain seperti bukit sikunir ataupun gunung bromo, punthuk setumbu gereja ayam menyajikan landskap pemandangan yang cukup berbeda. Selain dapat melihat matahari menyembul perlahan dari gunung merbabu atau merapi, para pengunjung juga dapat melihat dari ketinggian betapa megahnya candi borobudur. Hal ini tentunya menjadi keunikan tersendiri sehingga tak heran jika tempat ini adalah salah satu spot favorit tidak hanya untuk pemburu pemandangan sunrise namun juga untuk para fotografer.

Hal-hal yang bisa dilakukan di kawasan wisata punthuk setumbu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kawasan ini adalah sebuah bukit dengan tinggi sekitar 400 mdpl. Lokasi punthuk setumbu ini ada di gugusan pegunungan menoreh. Tempat wisata ini, dulunya, adalah ladang warga namun setelah salah satu fotografer mengabadikan foto sunrise yang sangat epik di kawasan ini, banyak yang mulai berdatangan untuk menyaksikan keindahannya secara langsung.

Pasalnya, selain sunrise, punthuk setumbu sunset juga tak kalah indahnya. Namun, para wisatawan lebih memilih menyaksikan sunrise di pagi hari. Bagi anda yang juga ingin melihat sunrise secara langsung, sebaiknya tiba di obyek wisata ini sebelum jam 5 pagi. Dari kawasan parkir di kaki bukit, anda harus trekking selama kurang lebih 15 menit untuk bisa berada di puncak. Rute yang ditempuh yakni berupa jalan tanah dan makadam. Untuk wisatawan yang tidak mampu trekking, tidak jauh dari area parkiran terdapat gazebo. Disini anda juga sudah dapat melihat candi Borobudur yang nampak dari kejauhan.

Di kawasan wisata ini juga terdapat sebuah bangunan yang mirip ayam jago dan terlihat jelas dari puncak. Bagian kepala dilengkapi dengan jengger dan taji yang menyembul diantara pohon-pohon berselimut kabut tipis. Bangunan menyerupai ayam ini sangat unik dan dikenal sebagai gereja ayam meskipun sebenarnya bukan gereja. Menurut sejarah punthuk setumbu, tempat ini dulunya merupakan tempat retreat, rumah doa,serta rumah rehabilitasi. Namun kini bangunan tersebut sudah kosong dan tidak ditempati.

Akses dan lokasi ke wisata sejarah punthuk setumbu

Tidak jauh dari lokasi candi borobudur, obyek wisata yang satu ini ada di desa karangrejo, tepatnya di dusun kerahan, borobudur, magelang. Dari kota Yogyakarta, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi yang memakan waktu sekitar satu jam. Untuk dapat menikmati keindahan sunrise di bukit ini, para wisatawan harus membayar tiket masuk seharga 15.000 rupiah untuk wisatawan domestik dan 25.000 rupiah untuk wisatawan asing. Cukup murah bukan?

Untuk bisa mencapai kawasan bukit, perjalanan yang ditempuh cukup mudah karena sudah terpasang papan petunjuk arah menuju ke lokasi tersebut. Setibanya di depan taman wisata borobudur, teruslah melaju ke hotel manohara. Lurus dan ikuti ke arah yang menuju perbukitan Menoreh. Tidak jauh dari sini, terdapat pertigaan serta penunjuk arah dengan tulisan borobudur nirvana sunrise. Beloklah ke kanan mengikuti penunjuk arah tersebut hingga tiba di kawasan parkir. Sesampainya di punthuk setumbu, segera manfaatkan waktu untuk menyaksikan sunrise sebelum hari beranjak siang. Selamat berlibur.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *