Info Lengkap Prosedur Pembuatan Paspor & Perpanjang Paspor online

prosedur pembuatan paspor

Sebelum anda mengetahui info lebih lanjut, anda perlu tahu apa itu paspor. Paspor adalah dokumen yang wajib dimiliki jika seseorang memasuki suatu kedaulatan negara. Jika anda hobi menjelajahi negeri orang atau luar negeri maka, paspor adalah syarat utama yang penting dan wajib anda miliki. Paspor memiliki 2 bentuk, ada yang berisi 24 halaman dan ada yang berisi 48 halaman, namun keduanya memiliki masa sama selama 5 tahun. Minimnya informasi tentang pembuatan paspor dan perpanjangannya membuat orang bingung.

Apalagi kalau sekarang sudah jaman modern, pembuatan paspor dapat dilakukan secara online, sehingga mempermudah pembuatnya. Karena jaman sekarang mulai serba online, jadi pembuatan dan perpanjangan paspor pun begitu. Prosedur pembuatan pasporĀ dapat Anda pelajari untuk membantu pembuatan paspor Anda menjadi lebih mudah.

Kantor imigrasi juga menyediakan system untuk perpanjangan paspor anda secara online. System yang dinamai one day service, dapat menyingkat waktu pembuatan paspor anda, karena hanya dengan waktu sehari paspor anda sudah jadi.

 

Beberapa Syarat Perpanjangan Paspor yang Perlu Anda Ketahui

Paspor yang anda miliki tidak selamanya dapat digunakan, apabila sudah habis masa aktifnya harus diperpanjang lagi, supaya anda dapat melakukan perjalanan ke luar negeri impian anda. Mungkin, anda ingin memperpanjang paspor tapi bingung syarat yang harus dibawa? Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

  1. Anda hanya perlu membawa e-ktp dan paspor lama. Tapi, paspor lama yang harus dibawa harus diatas tahun 2009, selain itu jika paspor rusak dan mengalami perubahan data maka anda harus membawa dokumen lain, seperti kartu keluarga, akte kelahiran, ijazah, dan surat kehilangan bila paspor tersebut hilang. Anda juga perlu membawa e-ktp sebagai bukti identitas anda.
  2. Anda dapat memperpanjang paspor yang anda miliki secara manual atau online. Perpanjangan secara manual dapat dilakukan dengan datang ke kantor imigrasi dan anda harus menunggu beberapa saat untuk mendapatkan paspor baru yang telah diperpanjang. Namun, jika anda memilih perpanjangan secara online. Anda tidak perlu ke kantor imigrasi, anda hanya perlu melakukan perpanjangan melalui website resmi, dan mempersiapkan dokumen yang dijadikan syarat perpanjangan paspor online. Setelah itu, anda datang ke kantor imigrasisepagi mungkin untuk menghindari antrian dengan orang lain.

 

Anda Perlu Tahu Masa Berlakunya Paspor Sebelum Melakukan Perpanjangan

Paspor yang anda miliki tidak selamanya bisa digunakan untuk berkunjng ke negara lain. Jika masa berlakunya habis maka paspor sudah tidak bisa digunakan. Oleh karena itu masa berlaku paspor perlu diketahui supaya anda dapat memperpanjangnya dan mempergunakannya lagi seperti semestinya. Paspor bisa diperpanjang jika waktu sisanya kurang dari 6 bulan sebelum masa berlakunya habis. Jadi, jika waktu sudah mendekati masa habis, anda perlu segera ke kantor imigrasi atau pembuatan secara online.

Tapi jika anda belum mengetahui prosedur pembuatan paspor, Anda dapat mengaksesnya di website resmi kantor imigrasi atau cari di internet dengan web terpercaya. Jangan khawatir atau panik jika paspor anda sudah habis masa berlakuny, karena sekarang sudah dipermudah dengan teknologi untuk melakukan perpanjangan. Sehingga anda dengan cepat dapat mempergunakannya lagi.

Demikian info prosedur pembuatan paspor mulai dari waktu anda dapat membuat, memperpanjangnya sampai dengan syarat yang diperlukan. Semoga bermanfaat bagi Anda yang baru pertama kali hendak ingin membuat paspor.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *