Informasi Lengkap Wisata Pantai Srau Pacitan Jawa Timur

Pantai Srau Pacitan

Selain dikenal sebagai kota seribu goa, nyatanya kabupaten Pacitan juga menyimpan keindahan pantai yang mampu menarik para wisatawan. Selain pantai Klayar yang sudah mulai terkenal ada juga pantai Srau Pacitan yang sayang untuk dilewatkan. Pantai Srau ada di dusun Srau, desa Candi, Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur. Letak pantainya sedikit tersembunyi sehingga belum diketahui oleh banyak orang. Lokasi pantai srau berjarak sekitar 25 kilometer di sebelah barat kota Pacitan.

Keindahan pantai srau ditambah dengan adanya tebing-tebing tinggi yang menjulang dan menjorok ke arah laut. Sama seperti pantai di pesisir selatan Jawa yang lainnya, ombak di pantai srau juga tergolong besar. Cocok bagi orang-orang yang hobi berselancar. Bagi anda yang menginginkan untuk berlibur di pantai yang tenang dan tidak banyak pengunjung lain sangat cocok untuk mencoba ke pantai ini. Pantai ini masih sepi pengunjung sehingga kondisinya pun masih sangat bersih dan alami seperti pantai pribadi.

3 Lokasi Menarik dan Fasilitas yang Ada di Pantai Srau Pacitan

Ada tiga lokasi menarik di area pantai srau. Pertama adalah pos penjagaan yang letaknya tak jauh dari pintu masuk. Pos penjagaan tersebut tidak seperti pos biasa karena menampilkan batu-batu karang yang membentuk bukit di bibir pantai. Ada juga bentuk terowongan dimana deburan ombak akan masuk ke lubang terowongan di bukit karang tersebut. Kedua, tempat duduk beton yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai menikmati keindahan pantai serta deburan ombak yang menuju pantai. Untuk sampai di lokasi kedua dari pos penjagaan pengunjung harus berjalan ke arah barat melewati jalan beraspal. Dan yang ketiga, ada di ujung barat dari lokasi pertama dan kedua. Di lokasi ketiga ini ada anjungan kecil yang disediakan. Dari tempat ini anda bisa  menikmati pemandangan pantai srau sunset di sore hari dan juga batu karang yang bentuknya mirip ikan hiu.

Fasilitas yang tersedia di pantai srau sudah cukup menunjang kenyamanan pengunjung. Ada toilet umum, warung-warung makan, tempat berteduh, serta tempat parkir yang cukup luas. Untuk harga tiket masuk ke pantai ini masih sangat terjangkau yaitu sebesar 5.000 rupiah per orang. Sayangnya belum ada fasilitas penginapan di pantai srau pacitan yang resmi. Jika anda ingin menikmati keindahan pantai dalam waktu yang lama anda bisa menumpang di rumah warga sekitar atau berkemah di pantai srau. Pantai ini merupakan tempat yang menarik untuk menghabiskan malam bersama dengan teman-teman. Jika tak ingin repot anda juga bisa bermalam di beberapa penginapan atau hotel  yang tidak begitu jauh dari pantai. Jaraknya sekitar 10 sampai 20 kilometer.

Akses Menuju Pantai Srau Pacitan

Jalan menuju pantai srau Pacitan terbilang cukup menantang. Sebelum melakukan perjalanan ke pantai tersebut sebaiknya anda mempersiapkan kendaraan yang akan anda gunakan dengan baik. Rute pantai srau dari Solo adalah sebagai berikut. Dari Solo anda harus menuju Sukoharjo kemudian ke Ngadirejo. Sampai disana anda akan melanjutkan perjalanan menuju Baturetno lalu ke Giriwoyo. Setelah itu berlanjut ke arah Donorejo-Punung-Pringkuku lalu menuju ke desa Candi. Setelah tiba di desa Candi anda tinggal mengikuti petunjuk yang ada. Jika merasa bingung anda bisa bertanya ke warga sekitar. Perjalanan membutuhkan waktu sekitar 3,5 sampai 4 jam. Jalannya berkelok namun sudah beraspal mulus. Anda juga bisa menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan.

Sekian informasi mengenai pantai Srau Pacitan. Pantai ini sangat cocok untuk anda yang menginginkan ketenangan sebuah pantai. yang perlu diingat adalah anda harus ikut menjaga keindahannya dengan cara membuang sampah pada tempatnya dan tidak merusak apapun yang ada di area pantai.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *