Informasi Lengkap Wisata Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung

Bandung merupakan salah satu kota yang terkenal di indonesia dengan berbagai macam destinasi wisata. Salah satu tempat wisata dan juga edukasi yang ada dibandung yaitu museum geologi. Museum ini didirikan 16 Mei 1928 dengan renovasi yang dibantu oleh JICA (Japan International Cooperation Agency). Lokasi museum ini di Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Bandung, Jawa Barat 40122. Jika anda ingin berkunjung pada hari kerja (senin-jumat) museum ini buka pukul 08.00-16.00, tapi jika hari jumat dan sabtu buka pukul 08.00-14.00.

Barangkali di antara Anda ada yang belum tahu apa itu geologi? Geologi merupakan ilmu bumi, berasal dari Yunani yaitu γη- ge- yang artinya bumi dan λογος (logos) artinya alasan. Jadi, geologi yaitu ilmu (sains) yang mempelajari bumi, komposisi, struktur, sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. Orang yang mempelajari geologi disebut geolog.

 

Ada Beberapa Koleksi Museum Geologi Bandung yang Menarik

Koleksi yang disimpan di museum geologi bandung seluruhnya ada 353.732 buah, terdiri atas total 219.538 koleksi fosil, 21.311 artefak, dan 112.883 koleksi batuan. Koleksi yang diperagakan dan diperlihatkan ke masyarakat total sebanyak 1.999 koleksi. Sebanyak 1.370 spesimen terdiri atas 1.084 koleksi fosil invertebrata, yang terdiri dari kerangka lengkap Stegodon trigonocephalus, Bubalus palaeokerabau, Rhinoceros sondaicus, 18 hominid, 35 tumbuhan dan kayu, 15 batuan, 56 artefak dapat anda lihat di ruang Sejarah Kehidupan, dan 238 spesimen yang terdiri 55 batuan dan mineral dan 173 artefak terdapat di ruang Pemanfaatan Geologi dan Bahaya Geologi.

 

Koleksi Bernilai Tinggi di Museum Geologi

Koleksi fosil vertebrata yang ada di museum ini memiliki nilai sangat tinggi dari sisi ilmu pengetahuan khususnya paleontologi, salah satunya fosil dari Ngandong. Koleksi fosil yang dijadikan acuan sebagai unit Fauna Ngandong dalam biostratigrafi oleh Von Koenigswald (1934) ini masih tetap utuh dan tersimpan baik dengan perawatan yang baik pula. Dari sekian banyak koleksi yang ada museum geologi ini banyak sekali pengunjungnya. Selain fosil hominid, museum juga dikenal dengan fosil vertebrata gajah purba, yang dapat dilihat bagian lengkap tubuh gajahnya. Sebagai tempat edukasi untuk anak anda, atau bisa juga dijadikan sebagai study tour anak sekolah.

 

Koleksi Bebatuan Museum Geologi Bandung

Berbagai macam batuan dapat anda temui disini. Bebatuan yang ada mulai dari batu skorina, batu diabas, batu diorite, batu larva abasalt, batu gabro, batu perdotit, batu apng, dan batu granit. Masing-masing batuan tersebut memiliki ciri khas, dan proses pembukannya berbeda. Bagi anda pecinta geologi, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi.

 

Berkunjung ke Museum Bandung Ini Menyelam Sambil Minum Air

Istilah menyelam sambal minum air tidak asing bagi kita, istilah itu berate melakukan suatu aktivitas dengan mendapatkan keuntungan lain. Begitulah, jika anda berkunjung ke museum geologi yang ada di bandung. Berbagai pengetahuan dan ilmu dapat anda peroleh disini. Selain itu wisata ini juga tergolong hemat dan murah. Anda dapat masuk dan memperoleh ilmu yang begitu banyaknya dengan harga tiket masuk museum geologi bandung Rp. 2000 (untuk pelajar dan mahasiswa), Rp. 3000 (wisatawan domestik), dan Rp. 10.000 (wisatwan mancanegara).

Demikian beberapa informasi mengenai museum geologi bandung. Sangat menarik ya mengenai bebatuan dan fosil yang dijadikan koleksi disana. Berwisata yang murah dan edukatif, sanagt cocok di museum geologi ini. selamat mencoba berwisata ke sana.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *