Informasi Lengkap Wisata Danau Aneuk Laot di Sabang Provinsi Aceh

Danau Aneuk Laot

Provinsi aceh memang terkenal dengan keindahan wisata alamanya. salah satu yang menjadi unggulan adalah wisata danaunya. kali ini rekomendasi.org akan membahas salah satu danau yang sangat populer di provinsi aceh, lebih tepatnya di kota sabang. Yaitu Danau Aneuk Laot. Berikut ini adalah ulasannya!

Danau Aneuk Laot ini terletak di tengah kota Sabang, tepatnya berada di Kelurahan Aneuk Laot. Danau ini sangat indah dengan air lautnya yang berwarna biru kehijauan dan mempunyai luas yang cukup besar sekitar 30 hektar.

Nama Aneuk laot berasal dari bahasa aceh yang artinya adalah ank laut. Mengapa Danau ini dinamakan Aneuk Laot ? Menurut masyarakat sekitar danau ini diberi nama demikian karena danau ini layaknya lautan kecil yang terpisah dari lautan luas yang letaknya mengelilingi pulau weh.

Destinasi wisata danau aneuk laot juga sering dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Lokasi ini sangat ramai saat akhir pekan dan di hari-hari libur.

Para wisatawan dapat menikmati liburan disini dengan berenang dan bermain air bersama dengan keluarga dan teman-teman. Air danau yang jernih dan udara yang sejuk membuat tempat wisata ini sangat diminati. Suasana danau yang menyenangkan membuat para wisatawan betah berlama-lama disini.

Selain bisa bermain air, para wisatawan juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam di sore hari. Dan pada malam hari pemandangannya menjadi lebih menakjubkan, saat danau ini memantulkan cahaya lampu dari kota Sabang, akan terlihat cahaya berkilauan dari permukaan air danau.

Di lokasi danau ini para wisatawaan juga dapat menyaksikan keindahan serta asap vulkanik yang dikeluarkan dari Gunung Maurapi. Gunung Meurapi berada sekitar 18 km dari Kota Sabang. Selain sebagai destinasi wisata yang terkenal, danau aneuk laot adalah sumber kehidupan bagi masyarakat karena danau ini merupakan sumber mata air bagi seluruh masyarakat yang tinggal di pulau Weh.

Legenda Danau Aneuk Laot

Menurut legenda, asal usul danau ini berawal dari keinginan seorang perempuan cantik supaya tanah di pulau ini bisa ditanami tumbuhan. Kemudian wanita tersebut membuang semua perhiasan ia miliki sebagai bukti ketulusannya kepada Sang Pencipta. Setalah itu, turunlah hujan beserta gempabumi yang melanda daerah tersebut lalu terbentuklah danau yang sekarang dikenal dengan nama Danau Aneuk Laot.

Lokasi Danau Aneuk Laot

Danau ini terletak di kota Sabang, lebih tepatnya berada di Kelurahan Aneuk Laot. Untuk menuju ke lokasi wisata ini para wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum yang melewati kelurahan Aneuk Laot. Danau Aneuk Laot ini terletak di Jl. Cut Nyak Dien.

Penginapan dekat Danau Aneuk Laot

Terdapat beberapa penginapan yang terdapat disekitar destinasi wisata ini, dan harganya bervarisasi mulai dari Rp 200.000 – 400.000 per malam.

Tips Berlibur Ke Danau Aneuk Laot

– Pastikan kondisi kesehatan dalam keadaan fit
– Bawalah bekal makanan & minuman, karena belum banyaknya penjual makanan disini.
– Jagalah selalu keindahan alam sekitar danau dengan tidak merusak fasilitas yang tersedia dan tidak membuang sampah sembarangan

Sekian informasi Wisata Danau Aneuk Laot Sabang ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda dan dapat menjadi referensi untuk liburan keluarga anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *