Informasi Lengkap Wisata Benteng Indra Patra di Provinsi Aceh

Benteng Indra Patra

Benteng Indra Patra adalah salah satu situs sejarah yang sudah cukup tua, terletak di sekitar pantai Ujoeng Kareung, tepatnya di Kampung Ladong, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Gede. Hingga kini masih berdiri kokoh. Benteng ini terletak 19 km ke arah barat dari Banda Aceh, apabila ditempuh dengan kendaraan roda dua memakan waktu sekitar setengah jam.

Situs bersejarah ini merupakan salah satu benteng yang tidak lapuk dimakan zaman. Sampai sekarang benteng ini masih berdiri kokoh dan tetap tegar. Walaupun sempat diterjang bencana Tsunami.

Benteng Indra Patra dibangun pada masa Kerajaan Lamuri, kerajaan Hindu pertama di Aceh (Indra Patra) pada masa sebelum kedatangan Islam di Aceh, yakni pada abad ke 7 masehi. Letak pembangunan benteng ini juga cukup strategis karena berhadapan langsung dengan Selat Malaka, sehingga berfungsi sebagai benteng pertahanan dari serangan armada Portugis. Pada masa Sultan Iskandar Muda, dengan armada lautnya yang kuat dibawah pimpinan Laksamana Malahayati, sebagai laksamana wanita pertama di dunia, benteng ini digunakan sebagai pertahanan kerajaan Aceh Darussalam

Benteng Indra Patra mempunyai ukuran yang besar dan terbuat dari susunan batu gunung setebal 2 meter. Benteng yang cukup luas itu berisikan berbagai bangunan yang terbuat dari tumpukan batu gunung yang disusun sedemikian rupa dengan teknik-teknik perekatan dan penyusunan batu seperti umumnya yang digunakan pada masa lalu, yakni dengan campuran bahan alami serupa putih telur, tumbukan kerang dan berbagai bahan alami lainnya. Menurut beberapa sumber, sebenarnya ada empat benteng di kawasan tersebut, namun saat ini hanya ada dua benteng yang masih utuh, sementara lainnya hanya berupa reruntuhan batu.

Kini benteng Indra Patra dikelola oleh pihak pemerintahan dan pernah dilakukan juga pemugaran, setelah bencana tsunami besar yang pernah melanda Aceh. Dari sekian banyak bagian dari benteng ini, beberapa sudah tak berbentuk dan rusak termakan oleh jaman dan usia, namun beberapa bagian masih juga terlihat utuh dan kokoh.

Lokasi

Benteng ini terletak di dekat pantai Ujong Batee, Desa Ladong, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.

Akses Menuju Lokasi

untuk mencapai lokasi benteng Indra Patra ini anda dapat menggunakan berbagai pilihan kendaraan dari umum hingga pribadi. Bila anda menggunakan kendaraaan pribadi, maka dengan titik awal keberangkatan dari Kota Banda Aceh berangkatlah menuju Kreung Raya dengan waktu tempuh sekitar 35 menit sampai 1 jam

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke lokasi benteng indra patra adalah gratis.

Penginapan Dekat Lokasi

Tidak tersedia penginapan di sekitar lokasi benteng, oleh sebab jika anda ingin menginap dan beristirahat hotel atau penginapan bisa anda reservasi di sekitar Banda Aceh. Namun jika menuju Kota Banda Aceh terlalu jauh anda bisa menginap dan melakukan reservasi hotel di sekitar Aceh Besar

Sekian informasi Wisata Benteng Indrapatra di Provinsi Aceh ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda dan dapat menjadi referensi untuk liburan keluarga anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *